Facebook Twitter Digg
Feed Contoh Proposal Usaha

Senin, 05 November 2012

Proposal Usaha Butik: Grosir Baju Baru

Bagikan ke Teman

Apakah Artikel ini bermanfaat?

Usaha Batik
Usaha butik merupakan bisnis yang menjanjikan keuntungan melimpah. Proposal usaha butik sangat penting dalam memulai bisnis baju atau fashion. Pada artikel kali ini anda dapat belajar membuat  rencana berdasarkan contoh proposal usaha yang kami sajikan. Jenis usaha butik yang menguntungkan adalah jual baju wanita. Hal ini didasarkan pada kenyataan bahwa kaum wanita sangat mendambakan penampilan yang anggun dan menawan.

Sekalipun usaha butik terus bertambah, termasuk usaha grosir baju, peluang usaha ini akan tetap besar. Sebagai usaha sampingan atau usaha rumahan, pertumbuhan bisnis baju tak akan jenuh. Membuat proposal usaha butik juga makin mudah dengan fasilitas internet yang banyak menyajikan contoh proposal bisnis. Mengapa proposal usaha perlu dibuat? Tentu saja untuk menjamin kelangsungan hidup sebuah usaha yang bersifat kemitraan. Disamping itu, jaminan kepastian hukum akan lebih terjaga jika kedua belah pihak menjalin kerjasama yang dituangkan dalam bentuk proposal usaha.

Cover Proposal Usaha Butik
Bentuk-bentuk proposal usaha kecil telah banyak kami sajikan di blog ini.  Anda tinggal mengembangkan kreatifitas demi kesuksesan usaha yang akan anda bangun. Memang memulai usaha baru itu sulit, tetapi jauh lebih sulit jika tidak segera memulai. Dalam mencari peluang usaha, kita harus berani mencoba walau akhirnya gagal daripada gagal mencoba.

Proposal usaha butik sebagai salah satu bentuk surat bisnis yang memungkinkan anda mencari mitra usaha atau partner dalam membuka usaha jual baju baru. Anda bisa memilih sebagai penjual eceran maupun sebagai penjual grosir baju. Jika anda ingin menjual produk anda melalui internet, mulailah dengan merencanakan membuka toko online. Dengan menjual melalui toko online, usaha butik akan menuju pasar global. Artinya pembeli bisa datang dari mana saja di seluruh penjuru dunia.

Untuk memberi gambaran dalam menyusun proposal usaha, berikut ini kami sajikan susunan contoh proposal usaha butik. Susunan proposal tersebut seperti tertera di bawah ini.
1.      Latar belakang, pada bagian ini anda memberi gambaran dasar pemikiran mengapa anda membuka usaha butik, bukan jenis usaha yang lain. Uraikan juga prospek bisnis yang akan anda jalankan.
2.      Visi dan Misi, visi harus mencerminkan wawasan jangka panjang dalam menjalankan usaha ini. Sedangkan misi berorientasi pada komitmen usaha dalam perspektif pelanggan atau calon konsumen.
3.      Tujuan perlu dijelaskan secara eksplisit dengan kalimat yang operasional tentang untuk apa usaha butik didirikan.
4.      Analisis pasar merupakan bagian penting dari proposal usaha. Dengan mengadakan analisis pasar berdasarkan survey dan pengalaman empiris akan menjamin ketepatan dalam memilih produk yang akan dijual.
5.      Keunggulan produk, pada bagian ini perlu dijelaskan diferensiasi atau daya beda produk anda dengan produk sejenis yang sudah ada di pasaran. Apa keunggulan produk yang anda miliki dibanding yang lain. Produk anda harus memiliki nilai lebih dari yang lain. Hal ini untuk menjamin usaha anda mampu menghadapi persaingan.
6.      Strategi pemasaran perlu direncanakan dengan mempertimbangkan aspek-aspek bisnis modern. Masalah harga, mutu produk, dan mutu pelayanan harus jelas.
7.      Analisis produk harus menggambarkan proses produksi hingga purnajual
8.      Segmen pasar, menentukan segmen pasar harus berdasarkan kecenderungan masyarakat sebagai konsumen. Misalnya, ketika remaja menyukai baju distro, maka usaha distro bisa menjadi pilihan. Begitu pula ketika pemakaian busana muslim, jilbab atau kerudung sudah menjadi kebutuhan, segmen ini bisa dijadikan sasaran.
9.      Analisis tempat usaha sebagai faktor penentu kelayakan bisnis anda. Pilihan tempat yang salah akan membuat bisnis tidak jalan. Oleh karena itu, berbagai pertimbangan harus diperhitungkan dalam menentukan tempat usaha. Pilihan tempat strategis memiliki konsekuensi terhadap harga sewa. Hal itu tidak masalah selama bisnis akan memiliki prospek bagus dalam jangka panjang.
10.  Estimasi dana yang diperlukan dalam bisnis ini harus diuraikan dan dirinci secara jelas dan logis. Berbagai elemen biaya yang diperlukan harus tertuang dalam rincian yang tepat. Misalnya, biaya perlengkapan, tempat usaha, kebutuhan operasional, dan biaya-biaya lain yang diperlukan semua harus tertuang dalam proposal usaha.

Agar tidak terlalu panjang uraian tentang sistematika proposal usaha butik ini, kami persilakan langsung saja download DI SINI.

Memulai bisnis baju dengan membuat proposal usaha butik merupakan cara tepat. Dengan banyaknya pilihan contoh proposal usaha tidak perlu membuat anda bingung. Sebaliknya, anda justru akan semakin kaya referensi usaha sebagai acuan. Pilihlah yang paling sesuai dengan rencana bisnis anda.
Dengan memasukkan alamat email di bawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari Contoh Proposal Usaha - Bisnis Rumahan Modal Kecil di inbox anda:

 
Design by Blogger Template