Facebook Twitter Digg
Feed Contoh Proposal Usaha

Rabu, 31 Oktober 2012

Proposal Usaha Roti Bakar

Bagikan ke Teman

Apakah Artikel ini bermanfaat?

Usaha Batik
Membuat proposal usaha roti bakar dapat dijadikan sebagai jalan menuju sukses. Usaha baru seperti bisnis roti bakar tak akan pernah lekang dimakan usia. Agar usaha yang anda buka berkembang pesat, perlu contoh proposal usaha yang baik agar bisa menjadi alat untuk mencari modal usaha.

Apa gunanya proposal usaha? Tentu saja proposal usaha roti bakar ini dapat digunakan untuk memberikan penawaran kepada pemilik modal. Mencari mitra usaha itu perlu terutama jika anda termasuk yang baru memulai usaha dengan modal kecil, atau bahkan tanpa modal. Itulah manfaat perlunya membuat proposal usaha.
Cover Proposal Usaha Roti Bakar
Dengan membuat proposal usaha, diharapkan kita bisa menekan biaya dari kantong pribadi. Misalnya, anda bisa mencari tempat yang strategis dengan sitem bagi hasil antara anda dan pemilik tempat tersebut. Begitu pula dengan peralatan yang dibutuhkan, anda bisa mencari mitra usaha yang tertarik dengan bisnis yang akan anda buka. Yang terpenting anda harus konsisten dan proposal yang anda buat harus benar-benar mencerminkan propek usaha yang akan dijalankan.

Susunan proposal usaha roti bakar sama saja dengan proposal usaha kecil pada umumnya. Semua rencana usaha harus dituangkan dalam proposal sehingga calon mitra usaha sebagai pemilik modal yakin dengan usaha baru ini. Kalimat-kalimat harus disusun secara cermat, termasuk anggaran yang dibutuhkan. Jika tidak demikian, sulit untuk meyakinkan para pemilik modal yang bersedia membiayai usaha. Ide bagus saya tidak cukup jika tidak diikuti dengan deskripsi rencana usaha yang mantap.

Berikut ini disajikan contoh susunan proposal usaha roti bakar.
1.    Bagian pendahuluan, mencantumkan latar belakang usaha yang akan dibuka. Anda harus menguraikan mengapa usaha roti bakar, mengapa bukan usaha lain. Ini penting untuk memberikan gambaran propek bisnis dalam jangka pendek, menengah, maupun jangka panjang.
2.    Analisis produk. Pada bagian ini anda harus menggambarkan hasil survey, observasi, atau pengamatan anda terhadap usaha roti bakar. Inovasi apa yang anda tawarkan, produk roti bakar seperti apa yang akan anda jual. Apa yang membedakan produk anda dengan produk sejenis yang sudah buka. Dengan kata lain, apa keunggulan produk anda?
3.    Analisis pasar dibutuhkan untuk menjamin produk roti bakar yang anda tawarkan laku dijual. Berapa potensi keuntungan yang bisa didapat dengan usaha ini. Target pasarnya siapa dan berapa estimasi penjualan, serta media apa yang anda gunakan untuk mempromosikan produk anda.
4.    Analisis produksi harus mencantumkan peralatan apa saja yang dibutuhkan dan berapa biaya yang harus dikeluarkan.
5.    Analisis keuangan. Pada bagian ini, anda harus menguraikan estimasi biaya pengeluaran dan pendapatan, termasuk kapan akan mencapai titik impas (BEP). Untuk itu diperlukan perencanaan harga jual tiap-tiap produk.
6.    Personalia harus pula mencantumkan siapa saja yang akan mengelola bisnis ini. Pengelola harus mencerminkan struktur organisasi usaha yang baik dengan pembagian masing-masing tugas yang jelas. Akan lebih baik jika dilengkapi dengan job description dan standar operating prosedur (SOP).
7.    Lokasi usaha penting karena dapat menggambarkan apakah tempat yang anda pilih memiliki prospek jangka panjang sebagai usaha kuliner. Buatlah denah lokasi yang mudah dipahami.

Agar lebih jelas tentang gambaran susunan proposal usaha di atas, berikut kami sertakan contoh proposal usaha roti bakar. Silakan download. Contoh proposal ini bisa diedit sesuai kebutuhan karena dalam format word.

Contoh Proposal Usaha Roti Bakar [Download]

Harapan kami, proposal usaha roti bakar dapat dijadikan sebagai model dalam membuka usaha baru. Jika anda membutuhkan contoh proposal usaha lainnya bisa anda baca pada artikel lain di blog ini. Semoga bermanfaat.
Dengan memasukkan alamat email di bawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari Contoh Proposal Usaha - Bisnis Rumahan Modal Kecil di inbox anda:

 
Design by Blogger Template